Wasir Pada Saat Kehamilan

wasir-saat-hamil
Wasir pada saat kehamilan memang biasa sering dialami oleh para wanita hamil. Baik untuk calon ibu muda (baru hamil) mau pun yang telah mengalami kehamilan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor :

  • Terjadinya perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan yang menyebabkan kadar hormon progesteron meningkat untuk meperkuat atau menahan janin di dalam rahim. Di waktu yang sama, hormon tersebut menghambat gerak peristaltik otot pencernaan yang di perlukan agar perjalanan makan dari salurah pencernaan hingga saluran pembuangan berjalan lancar.
  • Ukuran jani yang semakin membesar. Akibatnya, seringkali janin mendesak sejumlah pembuluh darah di sekitar perut dan panggul. Darah yang meningkat, baik volume maupun alirannya jadi terhambat.
  • Sembelit. Bisa terjadi karena asupan zat besi yang cukup tinggi selama hamil. Tentu saja zat besi penting untuk calon ibu agar terhindar dari resiko anemia. Tetapi pada sebagian calin ibu, ini menyebabkan kesulitan buang air besar akhirnya terjadi wasir.
  • Beban yang ditanggung ibu hamil. Beban janin dan dirinya sendiri menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan, sehingga dorongan sedikit saja pada bagian anus akan menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya pecah, dan hal ini dapat menyebabkan wasir. Tidak jarang peredaran zat makanan pun terhambat hingga akhirnya ibu hamil sulit buang air.
  • Gerakan fisik terutama bagian perut (abdominal) yang terbatas selama hamil. Hal ini juga salah satu penyebab kerja usus menjadi "malas".
Bila gejala-gelaja wasir pada saat kehamilan tersebut di atas terjadi, atasilah dengan cara yang tepat mengatasi wasir pada saat kehamilan atau anda dapat menghubungi klinik wasir  Dr.Zakir yang telah berpengalaman selama 5 tahun lebih membantu pasien wasir selama kehamilan.

Share this: